Mengenal Alergi Makanan

Alergi makanan merupakan satu tanggapan pada seseorang dengan hipersensitivitas (sensitivitas tinggi) pada makanan spesifik yang dicetuskan oleh satu reaksi detil dalam mode imun serta nampak dalam beberapa tanda-tanda beberapa waktu sampai beberapa saat selesai mengonsumsi makanan. Alergi makanan berlainan dengan intoleransi atau keracunan makanan meskipun sering miliki tanda-tanda yang menyerupai, bahkan juga sama. Yang unik dari alergi makanan merupakan ada reaksi yang berulang kali dari pasien selesai konsumsi makanan spesifik dibarengi bukti ada proses imunologi.

Pemicu tersering alergi makanan merupakan susu, kacang, telur, kedelai, ikan, kerang, serta gandum. Alergi susu serta telur amat sering berlangsung pada beberapa anak, sedang alergi kacang dan makanan laut amat sering pada dewasa.

Tanda-tanda alergi pada semasing individu bisa berbeda. Tanda-tanda yang mungkin muncul, di antaranya:

Gatal pada kulit
Bersin-bersin, sering diikuti keluarnya sekret yang bening serta kental
Sesak napas, kebanyakan keluarkan bunyi ngik-ngik
Abuh di wajah serta mulut, diikuti rasa gatal
Diare
Muntah
Masalah napas serta perputaran (anafilaksis)
Jikalau ada beberapa gejala itu serta pasien miliki kisah alergi atau asma di keluarga, peluang pasien alami alergi makanan serta butuh lekas dibawa ke tempat service kesehatan untuk memperoleh pertolongan.

Untuk menegakkan model makanan yang mengakibatkan alergi, ada cara-cara:

Uji tusuk kulit (skin prick test), sebagai tes yang simple serta peka dalam menemukan ada alergi pada bahan spesifik. Metodenya denga menusukkan cairan kontrol serta beberapa ekstrak makanan di kulit, lalu menilainya reaksi yang berlangsung. Uji kulit dikatakan positif jikalau terjadi ruam dengan diameter lebih dari 3 mm dari kontrol.
Uji hasutan makanan, punya tujuan memandang apa oleh karena ada paparan makanan spesifik dapat nampak beberapa gejala alergi makanan. Tapi tes ini tidak bisa dilaksanakan pada pasien dengan kisah alergi berat (anafilaksis) gara-gara makanan.
Eliminasi makanan, bermanfaat menunjang mengidentifikasi makanan yang mengakibatkan alergi.
Kunci dari mencegah kambuhnya alergi makanan yaitu dengan memahami model makanan apakah saja yang bisa mengakibatkan alergi pada pasien serta menghindarkan mengonsumsi makanan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *