Penyakit Jantung Bawaan: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit yang dikarenakan tersedianya kelainan jantung sejak mulai lahir. Penyakit jantung bawaan (PJB) bisa bertahan sampai dewasa, namun PJB ada saat lahir. Ini diakibatkan oleh permasalahan kemajuan awal dengan susunan jantung serta manfaat jantung, umumnya mengganggu saluran darah yang pas lewat jantung serta bisa merubah pernafasan. Anda mungkin ingin tahu bagaimana caranya sebagai obat penyakit jantung bawaan. Sanggupkah upaya tersendiri jadi metode sebagai obat penyakit jantung bawaan ini bawa efek yang relevan untuk pasien penyakit jantung bawaan?

Dengan perawatan yang lebih mutakhir serta perawatan tindak lanjut yang pas, banyak bayi yang hampir wafat lantaran penyakit jantung bawaan bisa bertahan secara baik sampai dewasa. Menurut March of Dimes, 1 dari 125 bayi yang lahir di Amerika Serikat punyai cacat jantung bawaan. Bahkan juga, ini merupakan model yang paling umum dari semua cacat lahir. Di Indonesia, 7–8 bayi per 1000 kelahiran hidup dilahirkan dengan PJB.

Pemicu Penyakit Jantung Bawaan
Penyakit jantung bawaan ini diakibatkan oleh cacat jantung bawaan. Kerapkali, ke dua makna ini diperlukan lewat cara berganti-gantian. Walau dokter kadang tidak paham pemicu cacat jantung, dikira pemicu mencakup:

Genetika: cacat bisa berlangsung dalam keluarga
Obat: beberapa obat yang dikonsumsi saat kehamilan bisa menambah efek, seperti obat anti-kejang
Alkohol atau penyelewengan narkoba saat kehamilan
Infeksi: apabila ibu punyai infeksi virus pada trimester pertama kehamilannya, karena itu bisa menambah efek melahirkan anak dengan cacat jantung
Diabetes: bisa merubah kemajuan anak. Akan tetapi diabetes gestasional (diabetes yang berlangsung disaat hamil) selama ini belum dihubungkan dengan penyakit jantung bawaan
Biarpun ada beberapa model cacat jantung bawaan, mereka bisa sederhanakan berubah menjadi tiga category penting:

Kelainan katup jantung. Katup dalam jantung bisa buka serta tutup sampai mengarahkan saluran darah pada jantung. Apabila ada kelainan, karena itu saluran darah jantung tak terukur gara-gara proses buka serta tutup yang tak normal.
Kelainan dinding jantung. Dinding jantung di antara bilik serta atrium kiri serta kanan mungkin tak berkembang secara benar, sampai darah kembali lagi area jantung yang bukan saluran yang selayaknya. Cacat pada dinding bikin desakan pada jantung tambah tinggi sampai jantung kerja lebih keras serta bisa menyebabkan tekanan darah tinggi
Kelainan pembuluh darah. Arteri serta vena yang bawa darah ke jantung serta ke arah ke organ badan tidak bisa berperan secara benar sampai membatasi atau perlambat saluran darah.
Banyak dokter mengklasifikasikan kelainan jantung bawaan berubah menjadi dua model:

Kelainan jantung yang membuahkan tingkat oksigen yang rendah
Kelainan jantung yang masih punyai tingkat oksigen normal
Bayi yang menanggung derita sesak napas atau kulitnya berganti warna kebiru-biruan tak mendapat cukup darah lantaran jantung tak memompa seperti semestinya. Ini disebutkan “penyakit jantung sianotik.” Bayi yang punyai cukup oksigen akan tetapi lantas menanggung derita tekanan darah tinggi atau sinyal lain dari jantung kerja begitu keras bermakna menanggung derita “penyakit jantung asianotik.”

Tanda-tanda Penyakit Jantung Bawaan
Bagaimana tanda-tanda penyakit jantung bawaan bisa didapati oleh dokter? Cacat jantung bawaan mungkin seringkali terdeteksi oleh USG saat kehamilan. Disaat dokter dengar murmur jantung, semisalnya, dokter umumnya akan memeriksa seterusnya dengan tes seperti ekokardiogram, rontgen sinar-X, atau MRI. Apabila penelitian dibikin, dokter akan menunjuk ke spesialis selesai bayi dilahirkan. Tanda-tanda awal dari cacat jantung bawaan mencakup:

Bibir kebiruan, kulit, jari, serta kaki, terpenting biru berubah menjadi makin kelihatan disaat bayi menangis
Sesak napas atau kesusahan bernapas
Kesusahan makan
Berat atau ukuran lahir kecil
Kandungan oksigen rendah atau bayi seringkali tak sadar diri
Sakit dada
Perkembangan terlambat
Kadang, terpenting penyakit jantung asianotik dimana bayi memperoleh cukup oksigen – tanda-tanda akan tidak ada sampai beberapa tahun setelah itu. Dalam soal ini, tanda-tanda mungkin termasuk juga:

Irama jantung abnormal
Pusing
Kesusahan bernapas
Tak sadar diri
Pembengkakan pada organ atau jaringan badan
Kandungan oksigen rendah
Simpel capek
Tak seaktif beberapa anak seusianya
Penyembuhan buat cacat jantung bawaan terkait pada model serta tingkat keparahan cacat. Beberapa bayi punyai cacat jantung gampang yang akan pulih sendiri seiring bersamanya waktu. Beberapa pasien mungkin butuh dikerjakan dengan obat-obatan. Beberapa pasien yang lain bisa butuh suatu operasi pembenahan jantung. Proses pembenahan jantung bisa mencakup: proses kateter, operasi jantung terbuka atau dalam perkara yang paling kritis, transplantasi jantung.

Penyakit jantung bawaan pada seseorang dewasa

Terkait pada kelainan, penelitian serta penyembuhan bisa diteruskan selekasnya selesai lahir, selama waktu kanak-kanak, atau sampai dewasa. Beberapa cacat ada tanpa ada tanda-tanda sampai orang berubah menjadi dewasa, serta dengan demikian tak diobati hingga selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda. Dalam perkara ini, tanda-tanda cacat jantung bawaan bisa mencakup:

Sesak napas
Sakit dada
Simpel capek
Metode Sebagai obat Penyakit Jantung Bawaan
Bagaimana caranya sebagai obat penyakit jantung bawaan atau PJB? Seperti dengan penyembuhan pada anak, penyembuhan dewasa banyak ragam dari menanti siaga pada obat serta operasi. Lewat kata lain, metode sebagai obat penyakit jantung bawaan benar-benar terkait dengan situasi badan serta kemajuan pasien penyakit jantung bawaan ini.

Cacat yang mungkin sudah diobati atau di operasi di waktu kanak-kanak bisa mengakibatkan permasalahan di waktu dewasa. Perbaikan mungkin tidak efisien atau cacat awal mungkin makin lebih jelek seiring bersamanya waktu. Jaringan parut yang berkembang di lebih kurang perbaikan asli mungkin selesai membawa dampak permasalahan seperti aritmia. Kadang cacat yang “ringan” di waktu kecil serta tak memerlukan penyembuhan bisa lebih buruk di masa datang.

Lepas dari keadaan, orang dengan penyakit jantung bawaan mesti terus mendatangi dokter pakar jantung buat perawatan tindak lanjut. Beberapa metode sebagai obat penyakit jantung bawaan tidak dipraktekkan buat membuat sembuh, akan tetapi cuma perbaikan buat menopang pasien hidup normal.

Efek komplikasi seperti desakan paru-paru yang tinggi, infeksi jantung, stroke, tidak berhasil jantung, tambah tinggi pada mereka dengan kelainan jantung bawaan. Jadi baiknya kerjakan kunjungan teratur dengan dokter yang punyai pengalaman dalam model penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Jantung Bawaan
Wanita yang sedang hamil bisa ambil perbuatan tersendiri buat turunkan efek melahirkan bayi dengan cacat jantung bawaan:

Apabila merencanakan hamil, bicarakan dengan dokter berkaitan pantangan obat apa yang bisa serta tak bisa dikonsumsi
Hindarkan alkohol, obat-obatan terlarang, serta jamu-jamuan saat kehamilan
Apabila Anda menyandang diabetes, yakinkan kandungan gula darah Anda termonitor sebelum hamil serta keonsultasikan dengan dokter buat mengurus penyakit waktu hamil
Apabila Anda tak divaksinasi pada rubella atau campak Jerman, hindarkan penyebaran penyakit ini serta bicarakan dengan dokter perihal pilihan mencegah pada rubella ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *