8 Cara Mencegah Penyakit Ginjal (Mudah & Efektif)

Sebagai salah satu organ penting, ginjal harus selamanya dijaga kesehatannya sehingga selamanya bisa bermanfaat dengan baik. Ginjal yang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal dapat menyebabkan timbulnya penyakit ginjal yang berefek terhadap sejumlah komplikasi. Guna menghambat penyakit ginjal, tersedia sebagian cara yang bisa Anda lakukan sedari dini. Bagaimana cara menghambat penyakit ginjal?

Apa Itu Ginjal?
Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk dan terdiri dari 2 (dua) buah, tiap-tiap berada di sebelah kanan dan sebelah kiri. Ginjal punya peran perlu di dalam tubuh, yakni menyaring racun tubuh di dalam darah, melindungi keseimbangan mineral, garam, dan asam darah, penghasil enzim pengatur tekanan darah (renin), dan penghasil hormon pembentuk sel darah merah (eritropoetin).

Apabila ginjal mengalami masalah—yang diakibatkan oleh sejumlah faktor—maka fungsi-fungsi berikut tidak bisa berlangsung dengan optimal dan berakibat terhadap timbulnya sejumlah tanda-tanda terhadap tubuh, di antaranya:

Berat badan naik tiba-tiba
Tidak enak badan
Tangan dan kaki membengkak
Cara Mencegah Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan karena bisa saja membahayakan jiwa Anda. Sebelum terjadi, lakukan cara pencegahan penyakit ginjal sedini mungkin. Berikut sejumlah cara menghambat penyakit ginjal yang bisa Anda terapkan.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat
Salah satu style penyakit ginjal, yakni batu ginjal, disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat di dalam sejumlah makanan.

Adalah cokelat, gandum, seledri, kacang-kacangan, dan kedelai, di mana makanan-makanan berikut memiliki kandungan oksalat, senyawa kimia pemicu batu ginjal. Selain itu, makanan yang memiliki kandungan protein hewani layaknya daging sapi termasuk berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kecuali Anda lebih mengedepankan mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih menyehatkan layaknya sayur dan buah-buahan. Sah-sah saja kecuali Anda dambakan mengkonsumsi makanan-makanan pemicu batu ginjal, tetapi batasi konsumsinya.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Penyakit ginjal termasuk diakibatkan oleh asupan air putih yang kurang. Oleh karena itu, cara menghambat penyakit ginjal yang efisien adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih tiap tiap hari, kira-kira 8-10 gelas per hari.

Dengan minum air putih yang banyak, Anda dapat lebih sering buang air kecil (BAK), yang mana aktivtas ini sendiri memang baik karena itu artinya tubuh secara alami mengikis racun-racun di dalam tubuh sebelum akan racun berikut mengendap dan beralih jadi batu ginjal.

3. Tidak Merokok
Selain menghambat penyakit paru-paru, tidak merokok termasuk jadi salah satu cara menghambat dan mengatasi penyakit gagal ginjal. Hal ini karena faktanya, asap dan persentase yang tersedia di dalam rokok efisien mengakibatkan kerusakan organ ginjal. Jadi, sebaiknya berhenti merokok sekarang termasuk sebelum akan terlambat, ya.

4. Kurangi Konsumsi Garam
Asupan garam yang sangat terlalu berlebih ditengarai jadi penyebab tekanan darah tinggi mengalami peningkatan. Tekanan darah tinggi (hipertensi) ini sesudah itu berimbas terhadap kerusakan di sejumlah organ berarti tubuh, tak kecuali ginjal.

Maka dari itu, cara menghambat penyakit ginjal yang patut Anda terapkan adalah dengan mengusahakan kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak garam.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah yang sangat tinggi, atau disebut dengan penyakit diabetes, jadi pemicu kerusakan pembuluh darah yang tersedia di daerah ginjal salah satunya. Bagi Anda yang kini sedang mengidap diabetes, mengontrol persentase gula darah adalah suatu keharusan karena ini adalah salah satu cara menghambat penyakit ginjal memperburuk situasi Anda.

Mengontrol persentase gula darah sehingga selamanya ideal bisa Anda lakukan dengan kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gula, dengan diimbangi aktivitas menyehatkan layaknya berolahraga secara teratur.

6. Memperbanyak Aktivitas Fisik
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit gagal ginjal dipicu oleh tekanan darah tinggi (hipertensi). Untuk itu, menurunkan tekanan darah adalah cara menghambat dan mengatasi penyakit gagal ginjal yang Anda alami.

Selain kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam, cara menghambat penyakit gagal ginjal lainnya adalah memperbanyak aktivitas fisik, dalam perihal ini berolahraga atau aktivitas-aktivitas ringan lainnya yang bisa dijalankan di rumah, layaknya jalur santai dan bersih-bersih rumah.

Lakukan aktivitas berikut secara rutin tiap tiap hari, dengan durasi antara 30 – 60 menit yang bisa dibagi ke dalam sebagian sesi.

7. Kendalikan Stres
Jangan salah, salah satu pemicu penyakit ginjal adalah stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari, karena stres adalah reaksi alamiah tubuh terhadap pelbagai perihal layaknya kasus pekerjaan, keluarga, hingga asmara. Namun, stres bisa dikendalikan sehingga tidak hingga berlarut-larut dan berdampak negatif terhadap kesegaran ginjal.

Oleh karenanya, pas Anda sedang dilanda stres, segera kendalikan rasa stres berikut sebagai cara menghambat penyakit ginjal. Anda bisa lakukan sejumlah aktivitas layaknya olahraga, travelling, berkumpul dengan keluarga atau teman, dan yang tak kalah perlu mendekatkan diri terhadap Yang Maha Kuasa untuk mengusir stres.

8. Cek Kesehatan Secara Rutin
Sedikit banyak, penyakit ginjal termasuk ikut terbujuk oleh aspek genetik. Apabila orangtua Anda punya riwayat penyakit ginjal, maka mungkin Anda untuk mengalami perihal yang mirip condong besar.

Atas dasar itu, maka rutin memeriksakan diri ke dokter adalah cara menghambat penyakit ginjal yang harus Anda lakukan. Hal ini untuk mengontrol situasi ginjal, yang dijalankan dengan cara memeriksa tekanan darah, persentase gula darah, dan urine. Dengan begitu, situasi ginjal bisa tetap terpantau dan beberapa langkah pencegahan bisa dijalankan sedini mungkin.

Kenali Gejala Awal Penyakit Ginjal
Di samping mengerti cara menghambat penyakit ginjal, Anda termasuk harus mengenali tanda-tanda awal penyakit ginjal sehingga bisa segera dijalankan penanganan medis sebelum akan situasi makin tambah parah. Secara garis besar, penyakit ginjal ditandai dengan gejala:

Mual dan muntah
Urine disertai busa
Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Dehidrasi
Pembengkakan terhadap mata dan kaki
Gangguan detak jantung
Tubuh ringan lelah
Sesak napas
Nafsu makan berkurang
Berat badan menurun
Segera periksakan diri ke dokter seandainya Anda mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda penyakit ginjal stadium awal di atas sehingga bisa dijalankan penanganan medis secepatnya.

Itu dia Info tentang cara menghambat dan mengatasi penyakit gagal ginjal yang perlu untuk ketahui. Jaga tetap kesegaran ginjal sehingga Anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *